Kiddle - Mesin Pencari di Internet untuk Anak

Kiddle - Mesin Pencari di Internet untuk AnakKiddle.co adalah situs pencarian baru yang ramah anak. Mesin pencari ini secara otomatis menyaring kata-kata dan konten yang dicari sehingga hasil yang keluar adalah konten yang ramah untuk anak-anak. Melindungi anak-anak dari serbuan konten negatif itulah yang mendasari peluncuran Kiddle. Google, mesin pencari terbesar di dunia saat ini, mengambil peran besar di Kiddle, karena mesin pencari khusus anak ini ditenagai dan didukung langsung fitur SafeSearch milik Google.

Karena ditujukan untuk pengguna anak-anak, desain yang diusungpun lebih menarik dengan tampilan grafik kartun dan warna-warna cerah, berbeda dengan Google, Yahoo, atau Bing. Saat ini Kiddle menggunakan desain bertemakan luar angkasa lengkap dengan planet dan karakter robot. Kotak pencarian pun ditampilkan seperti biasa dengan pilihan kanal web, gambar, berita, dan video.

Hasil pencarian pertama hingga ketiga di Kiddle akan berisikan situs yang aman, dan khusus ditulis secara spesifik untuk anak-anak, hasil kurasi, dan sudah diperiksa langsung oleh tim editor Kiddle. Sedangkan hasil pencarian keempat hingga ketujuh tim editor Kiddle akan memilihkan laman dengan gaya penulisan yang sedikit lebih dewasa, tetapi dianggap tetap mudah dimengerti oleh anak-anak. Hasil pencarian kedelapan hingga seterusnya tidak dikurasi oleh tim editor tetapi disaring menggunakan Google SafeSearch.

Cara menggunakan Kiddle tidak jauh berbeda dengan mesin pencari Google. Pengguna cukup memasukkan kata kunci di kotak pencarian dan menekan enter maka akan keluar informasi yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Yang membuatnya sedikit berbeda dengan Google, informasi yang muncul ketika kata kunci dimasukkan terlihat lebih sederhana bahkan ada beberapa yang langsung dilengkapi dengan gambar. Kiddle tidak berniat untuk mengumpulkan informasi pribadi para penggunanya. Kiddle akan menghapus log-nya setiap 24 jam sekali. Suatu langkah yang berseberangan dengan sejumlah situs populer yang menggunakan data penggunanya untuk kepentingan pemasang iklan.

Orang tua juga bisa turut berkontribusi dalam pemblokiran kata-kata dan situs yang tidak aman untuk anak. Mereka dapat memasukkan kata-kata dan situs tersebut melalui formulir digital. Meskipun pewarnaan logo Kiddle identik dengan logo Google, namun belum ada pernyataan tertulis yang menginformasikan bahwa Kiddle berasosiasi langsung dengan Google. Bahkan kedua belah pihakpun tidak saling mengklaim kerjasama tersebut. Semoga Kiddle jadi solusi racun internet yang aman bagi anak dan sedikit membantu banyak pihak, terutama orangtua yang cemas akan tumbuh-kembang anak atas informasi di internet yang tak terbendung dan bisa diakses secara tak terhingga.