Resep Buka Puasa - Es Campur vs Sop Buah

Resep Buka Puasa - Es Campur vs Sop BuahResep Buka Puasa - Es Campur vs Sop BuahEs campur adalah salah satu minuman khas Indonesia yang cara membuatnya dengan mencampurkan berbagai jenis bahan dalam sirup manis. Bahan yang dijadikan bahan biasanya berasa manis atau masam. Es campur dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia dengan rasa dan bahan yang berbeda. Oleh karena itu daerah asal dari es campur sulit ditentukan. Adapun bahan atau isi dari minuman tersebut bervariasi berdasarkan daerah pembuatannya. Bahan-bahan yang umum dijumpai adalah : Roti, Kolang-kaling, Dawet, Buah alpukat, Buah nangka, Buah nenas dan Cincau hitam

Sedangkan Sop buah adalah salah satu jenis makanan sehat yang digemari semua kalangan umur. Makanan yang berbahan dasar berbagai jenis buah-buahan ini, banyak dicari sebagai cemilan, menu berbuka puasa ataupun sekedar berwisata kuliner. Jenis makanan yang satu ini memang sangat enak untuk dinikmati. Warna air sop buah biasanya pink atau putih susu. Rasa sop buah selalu manis dan komposisi sop buah sangat kompleks. Berikut Resep sop buah:

Resep Buka Puasa - Es Campur vs Sop BuahResep Buka Puasa - Es Campur vs Sop BuahIsian utama:
- Blewah, melon, dan daging kelapa muda yang diserut atau dikerok
- Alpukat yang disendoki
- Rumput laut

Isian tambahan (pakai agar lebih enak):
- Kolang-kaling, jelly / agar2 dipotong dadu
- Irisan nangka
- Potongan strawberry dan buah naga

Resep Buka Puasa - Es Campur vs Sop BuahResep Buka Puasa - Es Campur vs Sop BuahSemua bahan dijadikan satu dalam mangkuk. Beri serutan es batu yang banyak. Sirami dengan sirup merah dan juga susu. Waktu diaduk ini akan menjadi kuahnya. Terkadang ada yang menambahkan santan. Sirup-sirup yang cocok untuk sop buah: sirup fajar rasa frambozen, sarangsari rasa pisang ambon, marjan boduoin rasa coco pandan, cap tjampolai rasa pisang susu.

Variasi es campur di berbagai daerah - Beberapa daerah mungkin mempunyai bahan yang tidak dijumpai di daerah lain. Sebagai contoh es campur Medan memakai kacang merah, sagu, biji delima sebagai bahan pembuatannya. Contoh lain adalah es campur Jakarta yang memakai daging kelapa dan tape singkong sebagai bahan pembuatannya. Selain cara pembuatannya mudah, es campur banyak diminati. Oleh karena itu, banyak yang menjual minuman ini. Mulai dari warung, sampai restoran. Sampai hari ini pun, es campur masih banyak peminatnya. Dari kaum muda sampai tua.