Chapecoense - Klub Sepak Bola dari Brasil

Profil Chapecoense - Klub Sepak Bola Santa Catarina Brasil Kecelakaan PesawatChapecoense atau lengkapnya  Associação Chapecoense de Futebol biasa disingkat ACF adalah sebuah klub sepak bola Brasil yang berbasis di kota Chapecó di negara bagian Santa Catarina. Selain sepak bola klub juga memiliki kegiatan futsal yang telah menjadi juara negara bagian dua kali. Klub ini didirikan pada tahun 1973 sebagai tujuan memulihkan sepak bola di kota Chapecó.

Hanya dalam empat tahun keberadaannya tim ini memenangkan gelar negara bagian pertama mereka pada tahun 1977. Secara keseluruhan klub memenangkan empat kejuaraan negara bagian yang terakhir pada tahun 2011. Mereka akan bersaing di Série A pada tahun 2015, tahun kedua berturut-turut berlaga di kompetisi teratas Brasil. Pertandingan kandang mereka dimainkan di Arena Condá.

Campeonato Brasileiro Série A atau Kejuaraan Brasil Seri A sering disebut sebagai Campeonato Brasileiro' dan populer sebagai Brasileirã adalah sebuah turnamen liga sepak bola tahunan di Brasil yang diselenggarakan oleh Confederação Brasileira de Futebol atau CBF. Diikuti oleh 20 klub, biasanya digelar dari bulan Mei hingga Desember.

Liga ini menganut sistem promosi dan degradasi dengan Campeonato Brasileiro Série B. Masing-masing tim bermain dalam 38 pertandingan dengan total 380 pertandingan dalam semusim. Sebagian besar pertandingan dimainkan pada hari Sabtu dan Minggu sore dengan pertandingan lainnya dimainkan pada malam hari ketika hari kerja.

Karena kekhasan sejarah dan ukuran geografis negara yang luas, Brasil memiliki sejarah yang relatif singkat tentang kompetisi sepak bola tingkat nasional. Hanya pada tahun 1959 dengan kemajuan dalam bidang penerbangan sipil dan transportasi udara dan kebutuhan untuk menunjuk seorang wakil dari Brasil untuk edisi pertama Copa Libertadores pada tahun 1960 Campeonato Brasileiro diciptakan.

Sebelum pembentukan liga nasional, kompetisi sepak bola paling bergengsi di Brasil adalah liga negara bagian terutama Campeonato Paulista dan Campeonato Carioca, liga utama di Negara Bagian São Paulo dan Rio de Janeiro. Sejak tahun 1959 tujuh belas klub telah menjadi juara di liga ini. Juara saat ini adalah Cruzeiro yang memenangkan gelar ketiganya selama musim 2013.

Sebuah musibah menimpa dunia sepakbola. Pesawat yang membawa anggota klub Brasil, Chapecoense, ke Kolombia untuk memainkan leg pertama final Copa Sudamericana melawan Atletico Nacional belum lama ini mengalami kecelakaan. Tim yang juga merupakan kontestan Serie A Brasil itu dijadwalkan bermain di Estadio Atanasio pada tengah pekan ini.