Arti Kata Apa itu Diaspora Indonesia Adalah

Arti Kata Apa itu Diaspora Indonesia adalahApa itu Diaspora adalah - Dalam konteks pergerakan manusia, Diaspora merujuk pada penduduk yang menetap di negara lain karena berbagai faktor, misalnya perang atau mencari penghidupan yang lebih baik. Dalam perkembangan globalisasi, Diaspora menjadi kekuatan ekonomi baru bagi sebuah bangsa.

Ketua Dewan Pengawas Indonesia Diaspora Network Global Dino Patti Djalal mengatakan keberadaan diaspora Indonesia di luar negeri harus dilihat sebagai global network untuk Indonesia. "Diaspora bukanlah brain drain, mereka adalah global network untuk Indonesia," kata Dino dalam Kongres Diaspora Indonesia, di Hall Mall Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu, 1 Juli 2017.

Brain drain yang dimaksud Dino adalah ketika sumber daya manusia yang berkualitas di sebuah negara pergi mencari kehidupan yang lebih baik di negara lain. Tidak hanya berpindah ke negara lain, terkadang sumber daya manusia tersebut memilih tinggal di negara lain dan bahkan berpindah kewarganegaraan. - Diaspora Indonesia