Daftar Peristiwa yang Terjadi di Hari Valentine

Daftar Peristiwa yang Terjadi di Hari ValentineHari Valentine atau Valentine's Day atau disebut juga Hari Kasih Sayang, pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat. Mulai abad ke-19, tradisi penulisan notisi pernyataan cinta mengawali produksi kartu ucapan secara massal. Di Amerika Serikat mulai pada paruh kedua abad ke-20, tradisi bertukaran kartu diperluas dan termasuk pula pemberian segala macam hadiah, biasanya oleh pria kepada wanita. Tanggal 14 Februari ditetapkan sebagai hari raya peringatan santo Valentinus. Pesta Santo Valentinus sebelumnya dirayakan oleh Gereja Katolik Roma pada 14 Februari sampai tahun 1969.

Daftar Peristiwa yang Terjadi Bertepatan dengan Hari Valentine :

1950 - Film dongeng Cinderella dirilis pertama kali oleh Walt Disney.
1956 - Kongres ke-20 Partai Komunis Uni Soviet dimulai di Moskow. Dalam pertemuan malam terakhir, Perdana Menteri Nikita Khrushchev mengutuk kejahatan Josef Stalin dalam pidato rahasia.
1956 - Indonesia keluar dari Uni Belanda-Indonesia dan demikian kerjasama unilateral tersebut bubar dengan sendirinya.
1960 - Jenderal Besar Muhammad Ayub Khan terpilih sebagai Presiden Pakistan.
1961 - Penemuan unsur kimia: Element 103, Lawrensium, pertama kali disintesa di University of California.
1962 - Ibu Negara Amerika Serikat Jacqueline Kennedy membawa pemirsa televisi dalam sebuah tour ke Gedung Putih.
1966 - Mata uang Dollar Australia didesimalkan.
1979 - Di Kabul, militan Setami Milli menculik Duta Besar Amerika Serikat di Afghanistan, Adolph Dubs, yang belakangan terbunuh dalam kontak senjata antara penculiknya dan polisi.
1989 - 24 satelit pertama dari Global Positioning System ditempatkan ke orbit.
1989 - Union Carbide setuju untuk membayar US$ $470 juta kepada pemerintah India untuk kerusakan yang timbul dalam Tragedi Bhopal pada 1984.
1989 - Pemimpin Iran Ruhollah Khomeini mengeluarkan fatwa mendorong Muslim untuk membunuh penulis The Satanic Verses, Salman Rushdie.
1990 - 92 orang tewas ketika pesawat Indian Airlines Penerbangan 605 jatuh di Bangalore, India.
1990 - Wahana antariksa Voyager 1 mengambil gambar planet Bumi yang kemudian terkenal dengan sebutan Titik Biru Pucat.
1995 - Lee Soo-man mendirikan S.M. Entertainment, perusahaan rekaman terbesar di Korea Selatan.
1998 - Sebuah kereta pengangkut minyak bertabrakan dengan kereta barang di Yaoundé, Kamerun, hingga menumpahkan minyak. Satu orang yang memunguti tumpahan minyak menyebabkan ledakan besar yang menewaskan 120 orang.
2000 - Wahana antariksa NEAR Shoemaker memasuki orbit di sekitar asteroid 433 Eros, wahana antariksa pertama yang melakukannya.
2004 - Di pinggiran kota Moskow, Rusia, atap Transvaal water park runtuh, membunuh lebih dari 25 orang, dan melukai lebih dari 100 orang lainnya.
2005 - Jutawan dan mantan Perdana Menteri Lebanon Rafik Hariri tewas akibat bom mobil. Suriah dituduh berada di belakang pengeboman ini.
2005 - Tujuh orang tewas dan 151 terluka dalam serangkaian pengeboman oleh tersangka militan jaringan Al-Qaeda yang melanda Filipina, yaitu di distrik keuangan Makati di Metro Manila, Davao, dan General Santos.
2005 - YouTube diluncurkan oleh sekelompok mahasiswa, menjadi situs berbagi video daring terbesar di dunia dan menjadi sumber utama video yang disebarkan secara viral di internet.
2008 - Penembakan di Northern Illinois University: seseorang menembaki pengunjung di gedung perkuliahan di DeKalb County, Illionois, menewaskan 6 orang (termasuk si penembak) dan 21 orang lainnya luka-luka.
2008 - Pendirian tvOne menggantikan Lativi.
2008 - Film The Spiderwick Chronicles dirilis di Amerika Serikat.
2011 - Sebagai bagian dari Musim Semi Arab, terjadi kerusuhan di Bahrain dengan sejumlah aksi demonstrasi menentang pemerintah kerajaan absolut Bahrain dimulai dengan 'Day of Rage'.
2013 - Steam untuk Linux dirilis, mengawali ekspansi layanan permaian digital Valve menjadi gratis dan terbuka.
2014 - Terminal 2 Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, resmi dioperasikan.
2015 - 2 orang tewas dalam aksi penembakan di dalam seminar terbuka dan di sinagoga di Kopenhagen.
2015 - Grup musik asal Jakarta Minutes Before Midnight resmi dibentuk