Wells Fargo Bank Terbesar di Amerika Serikat

Wells Fargo – Banking, Credit Cards, Loans, Mortgages & MoreWells Fargo & Co. (NYSE: WFC) merupakan sebuah bank di Amerika Serikat. Bank ini merupakan bank terbesar keempat di Amerika Serikat. Bank ini didirikan pada tahun 1852. Bermarkas di New York City, New York, Amerika Serikat. Perusahaan ini mempekerjakan 276.000 pekerjanya pada tahun 2009. Wells Fargo & Company adalah perusahaan jasa keuangan multinasional Amerika yang berkantor pusat di San Francisco, California , dengan kantor pusat di seluruh Amerika Serikat. Ini adalah bank terbesar kedua di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar dan bank terbesar keempat di AS menurut total aset. Wells Fargo berada di peringkat # 26 pada peringkat Fortune 500 2018 dari perusahaan AS terbesar dengan total pendapatan. Pada Juli 2015, Wells Fargo menjadi bank terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, melampaui ICBC, sebelum tergelincir di belakang JPMorgan Chase pada September 2016, setelah skandal yang melibatkan penciptaan lebih dari 2 juta rekening bank palsu oleh karyawan Wells Fargo. Wells Fargo melampaui Citigroup untuk menjadi bank AS terbesar ketiga berdasarkan aset pada akhir 2015 tetapi jatuh di belakang Bank of America ke posisi ketiga dalam deposito bank pada 2017.

Anak perusahaan utama yang beroperasi adalah bank nasional Wells Fargo Bank, NA , yang menunjuk kantor utamanya sebagai Sioux Falls, South Dakota . Wells Fargo dalam bentuknya yang sekarang adalah hasil dari merger antara Wells Fargo & Company yang berbasis di San Francisco dan Norwest Corporation yang berbasis di Minneapolis pada tahun 1998 dan akuisisi tahun 2008 berikutnya dari Charlotte yang berbasis Wachovia . Setelah merger, perusahaan memindahkan kantor pusatnya ke markas Wells Fargo di San Francisco dan menggabungkan anak perusahaan yang beroperasi dengan anak perusahaan Wells Fargo yang beroperasi di Sioux Falls. Bersama dengan JPMorgan Chase, Bank of America, dan Citigroup, Wells Fargo adalah salah satu dari " Empat Bank Besar " di Amerika Serikat. [14] Pada Juni 2018 , ia memiliki 8.050 cabang dan 13.000 ATM . [2] Pada tahun 2018 perusahaan ini beroperasi di 35 negara dengan lebih dari 70 juta pelanggan di seluruh dunia.

Pada bulan Februari 2014, Wells Fargo dinobatkan sebagai merek bank paling bernilai di dunia untuk tahun kedua berturut-turut [15] dalam studi The Banker dan Brand Finance atas 500 merek perbankan teratas. [16] Pada tahun 2016, Wells Fargo berada di peringkat ke-7 dalam daftar Forbes Magazine Global 2000 perusahaan publik terbesar di dunia dan peringkat ke-27 pada daftar Fortune 500 perusahaan terbesar di AS. Pada 2015, perusahaan ini menduduki peringkat ke-22 perusahaan paling dikagumi di dunia, dan perusahaan ke-7 paling dihormati di dunia. Pada Desember 2018 , perusahaan memiliki peringkat kredit Standard & Poors dari A−. [8] Namun, untuk periode singkat pada tahun 2007, perusahaan adalah satu-satunya bank dengan peringkat AAA, yang mencerminkan peringkat kredit tertinggi dari dua perusahaan.

Pada 2 Februari 2018, Federal Reserve Bank AS melarang Wells Fargo menumbuhkan basis asetnya yang hampir US $ 2 triliun lebih lanjut, berdasarkan kesalahan selama bertahun-tahun , sampai Wells Fargo memperbaiki masalah internalnya untuk kepuasan Federal Reserve. Pada bulan April 2018, The Wall Street Journal melaporkan bahwa Departemen Tenaga Kerja AS telah meluncurkan penyelidikan apakah Wells Fargo mendorong pelanggannya ke dalam rencana pensiun yang lebih mahal serta ke dalam dana pensiun yang dikelola oleh Wells Fargo sendiri. Selanjutnya pada Mei 2018, The Wall Street Journal melaporkan bahwa kelompok perbankan bisnis Wells Fargo telah secara tidak benar mengubah dokumen tentang klien bisnis pada 2017 dan awal 2018. Pada Juni 2018, Wells Fargo mulai mundur dari perbankan ritel di Midwestern Amerika Serikat dengan mengumumkan penjualan semua lokasi cabang bank fisiknya di Indiana , Michigan , dan Ohio ke Flagstar Bank.