Onam 2017 : 25 Agustus - 6 September 2017

Onam 2017 : 25 Agustus - 6 SeptemberOnam adalah festival Hindu tahunan dengan asal-usul di negara bagian Kerala di India. Ia jatuh dalam bulan kalender Malayalam Chingam, yang dalam kalender Gregorian tumpang tindih dengan Agustus-September. Festival memperingati Mahabali, Vamana ( Wisnu avatar), Kashyapa dan Parashurama yang memiliki mitologi tentang Hinduisme .

Onam dirayakan pada awal bulan Chingam, bulan pertama kalender Malayalam surya (Kollavarsham). Ini jatuh pada bulan Agustus atau September setiap tahunnya. Ada empat hari utama Onam. Hari yang paling penting dari Onam (dikenal sebagai Thiru Onam atau Thiruvonam, yang berarti "Sacred Onam Day") adalah hari kedua. Pada tahun 2017, Thiru Onam ada pada tanggal 4 September. Pada 2018 , Thiru Onam adalah pada tanggal 24 Agustus. Pada tahun 2019, Thiru Onam berada pada tanggal 11 September. Perayaan benar-benar dimulai 10 hari sebelum Thiru Onam, di Atham. Sesuai dengan kalender Malayalam , tanggal 2017 dan signifikansinya adalah sebagai berikut:

Atham (25 Agustus 2017) - adalah saat mitos Raja Mahabali yang diyakini sudah mulai bersiap untuk kembali dan mengunjungi kerajaannya. Orang-orang memulai hari dengan mandi dini, dilanjutkan dengan doa, dan penciptaan pengaturan bunga (pookalam) di tanah di depan rumah untuk menyambutnya. Secara tradisional, pookalams dilengkapi dengan sepuluh cincin, masing-masing mewakili dewa Hindu. Warna dipilih untuk menyenangkan setiap tuhan, dan hanya bunga kuning yang digunakan pada Atham untuk lapisan pertama pookalam. Namun, akhir-akhir ini, yang lebih penting diberikan pada bagaimana desain yang rumit dan mencolok. Sebuah prosesi besar, Athachamyam , menandai dimulainya perayaan Onam di dekat Kochi.

Chithira (26 Agustus 2017) - dua lapisan lagi ditambahkan ke pookalams , dengan menggunakan sebagian besar bunga kuning oranye dan krem. Orang juga mengunjungi kuil untuk mencari berkah.
Chodhi (27 Agustus 2017) - adalah hari yang menyenangkan yang menandai dimulainya belanja untuk Onam. Orang mulai membeli baju baru, perhiasan, dan hadiah.

Vishakham (28 Agustus 2017) - ibu rumah tangga mengunjungi pasar untuk persediaan bahan untuk membuat makanan Onam yang rumit. Pasar tradisional digunakan untuk menahan penjualan panen mereka pada hari ini, menjadikannya hari yang populer untuk berbelanja. Lomba desain pookalam juga dimulai di Kerala pada zamannya.
Anizham (29 Agustus 2017) - balapan perahu ular kick-off di seluruh negara bagian. Perlombaan pura-pura diadakan di Aranmula sebagai latihan untuk balapan yang diadakan di sana setelah hari utama Onam.
Thriketa (30 Agustus 2017) - orang mulai mengunjungi keluarga mereka dan bunga segar terus ditambahkan ke pookalams.
Moolam (31 Agustus 2017) - negara didekorasi dengan indah.
Pooradam (1 dan 2, 2017) - hari dimulai dengan instalasi ritual patung tanah liat bergaya piramid, yang dikenal sebagai Onathappan , di tengah pookalams. Mereka mewakili raja Mahabali dan Lord Vamana (inkarnasi kelima dari Dewa Vishnu, yang mengirim Mahabali ke dunia bawah namun mengizinkannya untuk mengunjungi kerajaannya setahun sekali selama Onam). Sekarang, pookalams telah tumbuh dalam ukuran dan kompleksitas desain.
Pertama Onam / Uthradom (3 September 2017) - Raja Mahabali diyakini tiba di Kerala pada hari ini. Ini adalah kesempatan yang menyenangkan ketika orang-orang segera menyelesaikan belanja Onam dan pembersihan rumah mereka. Ini dianggap sebagai hari yang baik untuk membeli buah dan sayuran segar.

Onam / Thiruvonam kedua (4 September 2017) - perayaan Onam utama terjadi pada hari ini , ketika Raja Mahabali dikatakan mengunjungi rumah orang-orang. Rumah itu spic dan span, selesai pookalams yang rumit, baju baru dipakai, dan keluarga berkumpul untuk menikmati pesta vegetarian yang rumit yang dikenal dengan nama Onam Sadya atau Onasadya.
Onam / Avvittom Ketiga (5 September 2017) - persiapan dilakukan untuk keberangkatan Raja Mahabali . Patung onathappan direndam di laut atau sungai, dan pookalams dibersihkan dan dibuang.
Keempat Onam / Chatayam (6 September 2017) - perayaan pasca-Onam berlanjut selama beberapa hari berikutnya dengan balapan perahu ular, permainan harimau Pulikkali , dan program Onam Week di Kerala Tourism.