Yamaha MX King 150 VS Suzuki Satria F150

Yamaha MX King 150 VS Suzuki Satria F150Dengan kehadiran Yamaha MX King beberapa waktu lalu, otomatis Suzuki Satria F150 kini punya lawan sepadan. Pasalnya selama ini Satria F150 jadi penguasa pasar sendirian. Lantas bagaimana jika membandingkan keduanya berdasarkan data spesifikasi pabrikan, mana yang lebih unggul?

Mesin
Mulai dari bagian yang jadi daya tari utama keduanya. Keduanya bermodalkan mesin 150 cc 4-tak dan 4 klep. Hanya saja Satria F150 DOHC sedangkan MX King SOHC. Secara teknologi banyak bilang mesin DOHC lebih unggul.

Namun diluar itu, MX King boleh berbangga dengan keunggulan di sistem pendinginan yang sudah radiator, sedangkan Satria F150 hanya oil cooler. Lalu sistem pasokan bahan bakar sudah injeksi, sedang Satria F150 masih karburator.

Tapi lagi-lagi Satria F150 unggul dalam hal power yang dihasilkan, yakni 16 daya kuda berbanding 15,15 daya kuda. Hal ini tercapai berkat mesin overbore miliknya dengan diameter piston 62 mm dan stroke 48,8 mm. Jangan lupakan juga teknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) pada dinding silindernya.

Sedang MX King unggul dalam hal torsi yang dihasilkan, yakni mencapai 13,8 Nm berbanding 12,76 Nm. Motor ini sendiri menggunakan mesin New V-Ixion Lightning dengan piston 57 mm dan stroke 58,7 mm. Teknologinya DiASil Cylinder dan Forged Piston.

Kaki-Kaki
Mulai dari suspensi, keduanya dibekali monosok untuk peredaman roda belakang. Sedang depan, Satria F150 unggul dengan sok teleskopic yang lebih jenjang ala ayam jago, sementara kompetitornya telescopic pendek seperti motor moped umumnya.

Selain itu ukuran ban juga berbeda jauh, MX King lebih berotot khususnya dibagian belakang karena berukuran 120/70-17, sedang depannya cukup 70/90-17. Sementara Satria F150 pakai ban ukuran standar 70/80-17 dan 80/90-17, namun punya desain pelek lebih menarik.

Dimensi
Membandingkan ukuran keduanya, sosok MX King terlihat lebih besar, dengan dimensi 1.970 mm (P) x 670 cc (L) x 1.080 mm (T). Sedangkan Satria F150 berdimensi 1.945 (P) x 652 mm (L) x 941 mm (T). Jadi bisa dibilang Satria F150 bakal lebih mudah dipakai menyelinap di kemacetan.

Tapi MX King unggul dalam jarak sumbu roda, 1.290 mm berbanding 1.280 mm. Jika dipakai nikung, motor ini akan lebih stabil dibandingkan Satria F150.

Fitur
Menarik jika dilihat dari area setang, tepatnya spidometer. Milik MX King lebih komplit, selain sapaan "Hi Buddy" dan kalimat "Ready to Go", juga mampu mengisi nama pemilik. Lalu menampilkan odometer, Tripmeter 1, tripmeter 2, fuel eco consumption, konsumsi BBM rata-rata dan kecepatan rata-rata.

Sementara Satria F150 tak sekomplit pesaingnya itu, tapi juga terdapat indicator eco berupa nyala lampu, kemudian redline indicator (lampu menyala berkedip ketika putaran mesin terlalu tinggi).

Harga
Masuk ke bagian yang cukup sensitif, untuk Satria F150 dilepas diangka Rp19,82 juta diluar model special edition. Sedangkan MX King Rp18,95 juta dan Jupiter MX Rp18,45 juta. Semuanya harga on the road Jakarta.

Kesimpulan
Sebagai penguasa pasar, Satria F150 sepatutnya waspada akan kehadiran kompetitor yang tampil lebih fresh. Terlebih MX King unggul pada beberapa sektor. Namun image Satria F150 yang sudah melekat tak mudah digoyahkan begitu saja.

Spesifikasi Suzuki Satria F150
Dimensi : 1.945 (P) x 652 mm (L) x 941 mm (T)
Jarak sumbu roda : 1.280 mm
Tipe mesin : DOHC 4-valve, 4-tak
Bore x stroke : 62 mm x 48,8 mm
Volume silinder : 147,3 cc
Rasio kompresi : 10,2 : 1
Sistem bahan bakar : Karburator, Mikuni BS26
Starter : Kick dan elektrik
Tenaga max : 16 daya kuda @9.500 RPM
Torsi max : 12,76 Nm @8.500 RPM
Transmisi : Manual, 6 percepatan
Sasis : Twin-spar underbone
Sok depan : Teleskopic
Sok belakang : Monosok
Ban depan : 70/90-17
Ban belakang : 80/90-17

Spesifikasi Yamaha MX King 150
Dimensi : 1.970 mm (P) x 670 cc (L) x 1.080 mm (T)
Jarak sumbu roda : 1.280 mm
Tipe mesin : 4-tak SOHC, 4 valve
Bore x stroke : 57 mm x 58,7 mm
Volume silinder : 149.7 cc
Rasio kompresi : 10,4 : 1
Sistem bahan bakar : Fuel Injection
Starter : kick dan elektrik
Tenaga max : 15,15 daya kuda @8.500 RPM
Torsi max : 13,8 Nm @7.000 RPM
Transmisi : Manual, 5 percepatan
Sasis : Backbone
Sok depan : Teleskopic
Sok belakang : Monosok
Ban depan : 70/90-17
Ban belakang : 120/70-17

UDA - Metrotvnews