Daftar Penemu dari Indonesia yang Mendunia

BIOGRAFI, RIWAYAT HIDUP, BIODATA, SEJARAH PARA TOKOH ILMUWAN, PENEMU PERTAMA KALI DUNIAPenemuan adalah suatu proses yang menuntut kreativitas yang sangat tinggi. "Penemuan terjadi karena seseorang melihat apa yang telah dilihat oleh setiap orang namun memikirkan apa yang tak seorangpun pikirkan." Albert Szent-Gyorgyi, Nobel Prize 1937. Pikiran terbuka yang selalu ingin tahu memungkinkan orang melihat apa yang sudah diketahui orang lain. Para penemu berpikir di luar kotak. "Di sini tidak ada aturan — kami berusaha menghasilkan sesuatu yang baru." Thomas A. Edison Melihat kemungkinan yang baru, hubungan atau keterkaitan yang baru, dapat mendorong lahirnya penemuan yang baru.

Josaphat Tetuko Sri Sumantyo - Penemu Radar Satelit Pengamatan Permukaan Bumi & Pemilik Paten di 118 Negara. Prof. Josaphat 'Josh' Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D. adalah salah satu pemegang paten antena mikrostrip (antena berbentuk cakram berdiameter 12 sentimeter dan tebal 1,6 milimeter) yang dapat digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan satelit. Penemu circularly polarized synthetic aperture untuk pesawat tanpa awak dan small satellte, serta radar peramal cuaca 3 dimensi.

Evvy Kartini Penemu Penghantar Listrik Berbahan Gelas. Baterai , Setipis Kertas Berbahan Gelas Doktor rer. Nat. (rerum naturalium) Evvy Kartini (Bogor, 22 April 1965) adalah Fisikawan Indonesia yang ahli dalam teknologi tenaga nuklir dan salah satu dari sepuluh ahli sejenis yang ada di dunia. Ia dikenal sebagai ilmuwan penemu penghantar listrik berbahan gelas dengan teknik hamburan netron yang berdaya hantar sepuluh ribu kali lipat.

Soetjipto Soedjono - Penemu Pondasi Sarang Laba-Laba Tahan Gempa. Ir. H. Soetjipto Soedjono Lahir: Trenggalek, 13 Agustus 1945 Wafat: Surabaya, 24 November 2011 Jabatan: Sekretaris Jenderal PDI-P, Wakil Ketua MPR-RI Keahlian: Penemu Teknik Fondasi Sarang Laba-laba Pendidikan: S1 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Ir. Soetjipto Soedjono (lahir di Trenggalek, 13 Agustus 1945 – meninggal di Surabaya, 24 November 2011 pada umur 66 tahun.

Zainuddin Nafarin - Pencipta Anti Virus Lokal SMADAV. Zainuddin Nafarin adalah seorang ahli dalam teknologi informatika dan komputer (TIK), dan dikenal sebagai pakar antivirus komputer. Ia merupakan pencipta anti virus lokal Smadav. Zainuddin Nafarin lahir di Amuntai, Kalimantan Selatan, pad September 1990. ia merupakan anak pertama dari empat bersaudara putra pasangan Rojiannoor dan Marhamah. Ia adalah murid Sekolah Menegah Umum 2 Pahandut.

Samaun Samadikun - Petani Silikon. Prof. Dr. Samaun Samadikun Prof. Dr. Samaun Samadikun adalah seorang insinyur, pendidik dan ilmuwan Indonesia. Prof. Samaun Samadikun adalah suami dari Roesdiningsih dan ayah dari M. Samawi dan Wisnu RP. Samaun yang lahir di Magetan, Jatim, 15 April 1931 dikenal sebagai seorang figur dosen ITB dan pendidik yang sangat menonjol sebagai teladan. Penampilan lahiriahnya sangat sederhana.

Tjokorda Raka Sukawati - Penemu Tiang dan Landasan Putar Bebas hambatan. Biografi Ir. Tjokorda Raka Sukawati adalah seorang insinyur Indonesia yang menemukan konstruksi Sosrobahu, yang memudahkan pembangunan jalan layang tanpa mengganggu arus lalu lintas pada saat pembangunannya. Tjokorda lahir di Ubud, Bali, 3 Mei 1931, ia meraih gelar Insinyur bidang Teknik Sipil di Institut Teknologi Bandung 1962, dan memperoleh gelar Doktor dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Ratno Nuryadi - Penemu Mikroskop Nano Pertama di Indonesia. Dr. Ratno Nuryadi, M. Eng. Lahir: 17 Oktober 1973, Bangtul, Indonesia Pendidikan: 2003, S3, Shizuoka University, Jepang (Bidang: Electronic Material Science) ; 2000, S2, Shizuoka University, Jepang (Bidang: Electrical and Electronic Engineering) ; 1998, S1, Shizuoka University, Jepang (Bidang: Fisika) ; 1994, Kursus Japanese Language School of the International Students Institute, Jepang

Nurtanio Pringgoadisuryo - Perintis Industri Penerbangan Indonesia. Nurtanio Pringgoadisuryo (dikenal juga dengan nama L.M.U Nurtanio, LMU Nurtanio, Laksamana Muda Udara Nurtanio, Laksamana Muda Udara Anumerta Nurtanio) (lahir di Kandangan, Kalimantan Selatan, 3 Desember 1923 – meninggal 21 Maret 1966 pada umur 42 tahun adalah sebagai perintis industri penerbangan Indonesia. Bersama Wiweko Soepono, Nurtanio membuat pesawat layang Zogling NWG.

Michael Iskandar - Penemu Teknologi Mesin BIG BANG. Michael Iskandar adalah Seorang Pembalap motor dan Ahli otomotif Indonesia. Namanya yang dikenal sebagai pembalap Suzuki ditahun 1949, kemudian berlanjut menjadi bagian tim riset balap motor Suzuki di tahun 1963 dan juga sebagai tokoh dibelakang suksesnya prestasi balap motor Indonesia. Ia dikenal karena telah menemukan teknologi Big Bang untuk motor GP Yamaha.

Prof. Dr. Rahmiana Zein - Penemu Teknik Kromatografi Tercepat Di Dunia. Rahmiana Zein Lahir: 1958 Kewarganegaraan: Indonesia Almamater: Universitas Gipu, Jepang Pekerjaan: Ilmuwan, pengajar Dikenal karena: Pakar ilmu kimia ; Penemu teknik kromatografi tercepat di dunia Agama: Islam Pasangan: Prof. Dr. Edison Munaf Prof. Dr. Rahmiana Zein adalah seorang pengajar dan pakar ilmu kimia Indonesia. Ia merupakan penemu teknik kromatografi tercepat di dunia.