Buah-buahan Yang Banyak Mengandung Kolagen

Buah-buahan Yang Mengandung Kolagen Super Tinggi Bagi TubuhKolagen adalah protein yang paling berlimpah dalam tubuh manusia. Kolagen mencakup lebih dari 20 jenis yang berbeda dan melayani fungsi struktural dalam tubuh. Kolagen ditemukan pada kulit, jaringan ikat, dinding pembuluh darah dan mata. Kolagen kaya akan asam amino prolin dan lisin. Vitamin C membantu pembentukan kolagen. Meskipun buah tidak mengandung kolagen, buah-buahan yang memasok protein atau memberikan vitamin C ini memberikan tubuh blok bangunan struktural protein kolagen ini.

Buah yang mengandung kolagenKolagen ini paling sering ditemukan pada kulit, tulang dan jaringan ikat dalam tubuh, memberikan dukungan struktural, kekuatan dan tingkat elastisitas (dalam kombinasi dengan elastin). Pada lapisan tengah kulit kolagen membantu membentuk jaringan fibrosa, yang di atasnya sel-sel baru dapat tumbuh. Kolagen juga diperlukan dalam penggantian dan pemulihan sel-sel kulit mati. Beberapa kolagen juga berfungsi sebagai penutup pelindung organ halus dalam tubuh seperti ginjal.

Berikut ini daftar buah yang mengandung kolagen dan wajib dikonsumsi :

1. Pear - Tekstur buah pear mirip sekali dengan tekstur buah apel, kaya akan rasa dan banyak mengandung kebutuhan nutrisi manusia sehari-hari. Sekitar 7 persen dari kebutuhan vitamin c terdapat dalam 100 gram buah pear, yang berguna sebagai kolagen. Pear juga menjadi sumber serat, mineral dan ragam vitamin yang jumlahnya juga tidak kalah banyaknya.

2. Apel - Apel merupakan makanan untuk diet yang banyak dikonsumsi. Di dalam 125 gram apel mengandung 5,7 miligram vitamin C atau dapat memenuhi sekitar 10 persen kebutuhan vitamin c dalam tubuh kita setiap harinya termasuk sebagai zat kolagen. Apel juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat bagus untuk menjauhkan tubuh dari berbagai radikal bebas.

3. Buah peach - Buah peach atau di Indonesia dikenal dengan nama buah persik, berasal dari negeri Cina. Vitamin C sebagai antioksidan dan kolagen alami juga terkandung di dalam buah persik, yaitu 11 persen dari kebutuhan vitamin c yang disarankan untuk tubuh kita.

4. Manggis - Buah manggis memiliki daging buah berwarna putih, dengan rasa manis yang khas buah manggis banyak disukai. Apalagi di Indonesia buah manggis sangat mudah sekali untuk dijumpai. Di setiap 100 gram manggis, terdapat 7,2 mg C yang berguna sebagai kolagen alami bagi tubuh. Manggis juga mengandung Vitamin B complex seperti folat, thiamin dan niacin.

5. Pisang - Pisang merupakan buah yang memiliki rasa nikmat biasa digunakan sebagai penutup. Pisang mengandung banyak nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Dalam 100 gram pisang mengandung 8,7 miligram Vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan tent saja sumber kolagen. Pisang juga bisa menjadi sumber vitamin B6 dan potassium yang sangat baik.

6. Buah plum - Buah plum banyak ditanam di negara Eropa, Amerika Serikat, Cina maupun Jepang. Di Indonesia, kita bisa menemukan buah plum ini di supermarket. Buah plum merupakan makanan rendah kalori, namun tinggi kolagen yang terdapa pada kandungan vitamin Cnya.

7. Blueberry - Blueberry, walaupun ukuran buahnya kecil tetapi mengandung pigmen pro anthocyanin yang sangat tinggi yang bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh seperti menangkal radikal bebas. Di dalam 100 gram, terdapat 9,7 miligram vitamin C atau setara dengan 16 persen dari total kebutuhan vitamin C tubuh harian.

8. Buah aprikot - Wanginya harum, rasanya manis, buah aprikot memang sangat disukai. Saat matang, rasa buah yang mengandung kolagen ini mirip sekali dengan rasa buah plum yang matang. Tidak kalah dengan buah plum, buah aprikot juga mengandung banyak nutrisi. Di antaranya, mengandung sekitar 16% vitamin C dari total kebutuhan vitamin C harian yang mencukupi kebutuhan kolagen tubuh.

9. Delima - Sekitar 17% vitamin c dari total keseluruhan kebutuhan tubuh terdapat dalam 100 gram buah delima. Mengkonsumsi buah delima yang kaya kolagen ini secara teratur, bermanfaat untuk menjauhkan kita dari kanker prostate, penyakit diabetes serta limfoma.

10. Anggur - Buah anggur merupakan buah yang mengandung vitamin A, C, K dan vitamin B complex yang sangat baik. Setiap 100 gram buah anggur mengandung sekitar 10,8 miligram vitamin C yang berperan sebagai kolagen.

11. Buah Langsat - Buah langsat memiliki bentuk seperti buah duku. Tetapi pada dasarnya buah ini adalah dua jenis buah yang berbeda. Salahnya lagi kita sering menganggap kedua jenis buah ini sama. Buah langsat ini mengandung sekitar 13,3 miligram vitamin C per 100 gram buahnya, yang mendukung ketersediaan kolagen.

12. Tomat - Kandungan gizi tomat di dalam setiap 100 gram buah tomat, dapat memenuhi 21% dari kebutuhan vitamin setiap harinya yang berfungsi sebagai kolagen alami. Tomat juga berguna untuk melindungi kulit dari sinar ultra violet, karena di dalam tomat mengandung banyak lycopene.

13. Sawo - Buah sawo juga termasuk buah yang mengandung kolagen tinggi. Buah sawo mengandung vitamin C yang dapat memenuhi sekitar 24,5% kebutuhan vitamin C tubuh di dalam satu hari. Sedangkan buah sawo yang sudah matang dapat menjadi sumber potassium, zat besi dan folate yang sangat baik.

14. Durian - Buah durian memang buah yang sangat digemari oleh masyarak Indonesia. Baunya memang sangat khas mengandung vitamin C yang sangat tinggi yang berguna sebagai kolagen, yakni sekitar 19,7 mg per 100 gram. Buah durian juga memiliki banyak kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh namun waspadai bahaya makan durian jika berlebihan.

15. Sirsak - Buah sirsak termasuk makanan kaya serat dan vitamin. Vitamin yang paling dominan di dalam buah sirsak adalah Vitamin C, sekitar 20 miligram di dalam 100 gram buah sirsak yang juga baik sebagai sumber kolagen.

16. Markisa - Markisa merupakan buah yang berasal dari Amerika Selatan, namun di markisa juga sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Rasanya enak, biasanya markisa dijadikan sebagai campuran minuman. Buah yang mengandung kolegan tinggi ini, berasal dari vitamin C. yakini sebanyak 30 miligram di setiap 100 gram buahnya. Markisa juga tinggi akan kandungan vitamin A serta potassium.

17. Jeruk Bali - Jeruk bali jika sudah matang akan berwarna merah dan rasanya sangat segar. Warnanya yang demikian menjadi sumber lycopene, vitamin A serta memiliki kandungan beta carotene yang tinggi pula. Selain itu, jeruk bali merupakan buah yang mengandung vitamin C, yakni mencukupi 52% vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh sehari.

18. Belimbing - Belimbing dapat tumbuh dengan baik di wilayah yang memiliki iklim tropis.Rasanya manis jika sudah masak, namun masih ada sedikit rasa kecut. Di dalam buah belimbing mengandung kolagen, yang berasal dari vitamin Cnya yaitu 34,7 miligram vitamin C per 100 gramnya. Belimbing juga merupakan sumber vitamin B complex yang cukup lengkap.

19. Srikaya - Buah srikaya memiliki rasa yang manis dan sangat enak. Srikaya memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, termasuk buah yang mengandung kolagen tinggi. Hal ini berasal dari kandungan vitamin C di dalam buah srikaya sebanyak 35,9 miligram per 100 gram buahnya. Srikaya memiliki banyak kandungan vitamin, mineral dan antioksidan.

20. Kedondong - Buah kendondong merupakan buah asli dari wilayah Asia Tenggara. Di Indonesia khususnya, kendondong sangat mudah untuk dijumpai. Biasanya buah kedondong dijadikan sebagai manisan. Padahal mengkonsumsi buah kedondong segar, lebih kaya akan nutrisi dibandingkan kedondong yang sudah diolah. Kandungan vitaminnya Cnya 36 miligram atau sekitar 60 persen dari kebutuhan harian.

21. Mangga - Mangga sering disebut juga sebagai rajanya buah. Rasanya enak, jenisnya beragam dan juga sangat menyehatkan. Mengandung sekitar 45,7 miligram Vitamin C di dalam 165 gram mangga, yang berguna sebagai kolagen penting untuk menjaga kesehatan kulit.

22. Cermai - Buah cermai memiliki rasa yang menyegarkan, sedikit manis dengan campuran rasa asam. Buah yang mengandung kolagen tinggi ini, kebanyakan dijadikan sebagai manisan buah cermai. Jika dikonsumsi langsung dalam jumlah 100 gram, akan memenuhi 46 persen kebutuhan vitamin C.

23. Nanas - Nanas, termasuk ke dalam jenis tanaman tropis. Rasa nanas yang segar juga tidak kalah enak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Mengkonsumsi 100 gram nanas, akan memenuhi 80% kebutuhan tubuh kita terhadap vitamin c. Kolagen yang terdapat dalam vitamin C buah nanas ini, sebanyak 47,8 mg per 100 gram buahnya. Nanas juga memiliki kandungan potassium, mangan dan folat yang tinggi, berguna untuk meningkatkan fungsi organ-organ tubuh.

24. Lemon - Lemon memilii rasa yang kecut, memiliki aroma yang sangat segar. Tetapi lemon mengandung banyak khasiat yang sangat baik bagi kesehatan termasuk keberadaan kolagennya. Hal ini terdapat pada mengkonsumsi 100 gram lemon mengandung 53 mg, akan bisa memenuhi 88 persen kebutuhan vitamin C yang disarankan setiap harinya. Vitamin B complex juga terkandung dalam konsentrasi yang tinggi di dalam buah yang satu ini.

25. Buah Jeruk (53,2 mg/100 gr) - Buah jeruk adalah buah yang paling banyak mengandung Vitamin C. Dan, di dunia, buah jeruk dipercaya sebagai salah satu buah yang paling sehat. Di dalam 100 gram jeruk, bisa memenuhi sekitar 90% kebutuhan vitamin c harian kita. Selain itu jeruk juga mengandung banyak nutrisi seperti kolagen dan juga kandungan flavonoid yang tinggi. Zat herpidin juga terdapat di dalam jeruk yang berguna sebagai makanan penurun darah tinggi.

26. Stroberi (58,8 mg/100 gr) - Warnanya merah menarik, rasanya ada manis dengan sedikit campuran rasa asam yang bisa membuat kita merasa fresh kembali. Stroberi merupakan buah jenis berry yang paling terkenal dan difavoritkan. Stroberi adalah jenis buah yang rendah kandungan kalorinya tetapi sangat banyak jumlah vitamin C nya. Vitamin C di dalam buah stroberi ini membentuk kolagen yang berguna menjaga kesehatan kulit.

27. Pepaya (61,8 mg/100 gr) - Pepaya merupakan buah tropis yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Rasanya yang manis dengan tekstur lembut menjadikan papaya disukai banyak orang. Kandungan nutrisi papaya pun tidak kalah. Buah yang mengandung kolagen ini memenuhi vitamin C sebanyak 61,8 setiap 100 gram buahnya.

28. Leci (71,5 mg/100 gr) - Buah leci dalam jumlah 100 gram mengandung 71,5 mg vitamin c, yang berguna sebagai kolagen. Terpenuhinya kebutuhan vitamin C harian tubuh akan membuat tubuh kita kebal terhadap serangan-serangan virus atau bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.

29. Kiwi (92,7 mg/100 gr) - Buah kiwi Berisi fito-kemikal, vitamin dan juga mineral yang sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan berbagai nutrisi tersebut. Vitamin C terkandung di dalam buah kiwi sebanyak 92,7 mg yang mendukung kebutuhan kolagen.

30. Jambu Biji (228 mg/100 gr) - Di Indonesia jambu biji cukup mudah untuk ditemui. Di dalam 100 gram buah jeruk, terdapat 228 miligram vitamin C, tiga kali lebih besar dari kebutuhan harian kita akan vitamin c termasuk sebagai asupan kolagen. Jambu biji menjadi salah satu sumber serat dan sumber vitamin A yang sehat.

Produksi kolagen alami menurun seiring dengan usia, kulit kehilangan elastisitas dan menyebabkan kulit kendur, pembentukan garis-garis kerutan dan melemahnya tulang rawan pada sendi. Tubuh secara konsisten memproduksi kolagen sampai sekitar usia 40. Kolagen kemudian mulai menurun setelah titik ini. Konsumsi buah-buahan ini secara bervariasi setiap hari, untuk mengantisipasi kekurangan kolagen di usia tua.