Deskripsi Ikan Oarfish Si Pertanda Gempa

Deskripsi Ikan Oarfish Si Pertanda GempaOarfish yang besar, sangat memanjang, ikan lampriform pelagis milik keluarga kecil Regalecidae. Ditemukan di semua daerah beriklim sedang sampai samudera tropis yang jarang terlihat, keluarga oarfish mengandung empat spesies dalam dua genera . Salah satunya, ikan oar raksasa ( Regalecus glesne ), adalah ikan bertulang terpanjang yang hidup, tumbuh hingga 11 m (36 kaki) panjangnya. Itu tidak cukup untuk memenuhi syarat sebagai ikan terpanjang, namun, karena beberapa ikan kartilago seperti hiu berjemur dan hiu paus bahkan lebih lama lagi.

Nama umum ikan oarfish dianggap mengacu pada tubuh mereka yang sangat terkompresi dan memanjang, atau keyakinan yang sekarang mendiskreditkan bahwa ikan "mendayung" diri mereka melalui air dengan sirip panggul mereka. Nama keluarga Regalecidae berasal dari bahasa Latin regalis , yang berarti "kerajaan". Sesekali pantai oarfish setelah badai, dan kebiasaan mereka berlama-lama di permukaan saat sakit atau sekarat, membuat oarfish menjadi sumber banyak cerita ular laut .

Meskipun spesies yang lebih besar dianggap sebagai ikan permainan dan dipancing secara komersial sampai batas tertentu, ikan oarfish jarang tertangkap hidup-hidup; Daging mereka tidak dianggap makan karena konsistensi agar agar-agar. Berita tentang kemunculan ikan Oarfish berukuran panjang 3,5 meter di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat banyak menarik perhatian pada 18 Juni 2017. Selain langka, hewan yang mirip dengan sejenis ikan layur itu menyimpan mitos. Menurut mitos para nelayan setempat, kemunculan ikan Oarfish ke permukaan laut menjadi pertanda akan terjadinya gempa bumi.