Sukhoi - Daftar Pesawat Tempur Negara Rusia

Sukhoi dan Daftar Pesawat Tempur Negara RusiaSukhoi adalah perusahaan pembuat pesawat tempur militer Rusia. Perusahaan ini didirikan oleh Pavel Sukhoi pada tahun 1939 dengan nama Biro Desain Sukhoi atau dikenal dengan OKB-51, sekarang ini dikenal dengan nama Sukhoi Corporation. Pemerintah Rusia sudah melakukan merger Sukhoi dengan Mikoyan, Ilyushin, Irkut, Tupolev, dan Yakovlev, membentuk sebuah perusahaan baru yang bernama United Aircraft Corporation (Rusia). Rusia saat ini mengoperasikan Su-24, Su-25, Su-27, Su-30, dan Su-33. Lebih dari 2000 pesawat sudah diekspor ke luar Rusia.

Sukhoi Su-1 atau I-330 adalah prototipe pesawat tempur ketinggian tinggi Soviet dibangun pada awal Perang Dunia II.
Sukhoi Su-2 adalah pesawat pembom ringan dan pramuka Soviet yang digunakan pada tahap awal Perang Dunia II
Sukhoi Su-3 atau I-360 adalah versi perbaikan dari Su-1 juga dibangun dan diuji pada tahun berikutnya dan diproduksi massal.
Sukhoi Su-4 adalah desain dasar Sukhoi Su-2 yang menerima mesin dan persenjataan Upgrade dan dimodifikasi untuk serangan darat.
Sukhoi Su-5 atau I-107 adalah pesawat tempur prototipe campuran-daya (baling-baling & motorjet) dibangun akhir Perang Dunia II.
Sukhoi Su-6 adalah pesawat serangan darat sayap rendah (low wing) Soviet dikembangkan selama Perang Dunia II.
Sukhoi Su-7 adalah swept wing, pesawat tempur supersonik yang dikembangkan oleh Uni Soviet pada tahun 1955.
Sukhoi Su-8 atau DDBSh (pesawat serangan darat lapis baja Twin-mesin) prototipe pesawat serang berat di Perang Jerman-Soviet.
Sukhoi Su-9 adalah pesawat supersonik bermesin tunggal, beroperasi disegala cuaca, dengan sebuah misil.
Sukhoi Su-10 atau Izdeliye Ye adalah sebuah pesawat pembom bertenaga turbojet Soviet dibangun tak lama setelah Perang Dunia II.

Sukhoi Su-11 adalah pesawat interseptor produksi Uni Soviet sekitar tahun 1960-an.
Sukhoi Su-12 adalah prototipe Soviet pengintai dan pesawat pengintai artileri dikembangkan selama Perang Dunia II.
Sukhoi Su-13 adalah upaya terakhir meningkatkan kinerja desain dasar Su-9 mengurangi 2% bagian sayap untuk rasio ketebalan.
Sukhoi Su-15 adalah pesawat jet pencegat supersonik yang dikeluarkan oleb Biro Sukhoi-OKB mulai berdinas tahun 1970-an.
Sukhoi Su-17 merupakan sebuah pesawat penyerbu Uni Soviet yang dikembangkan dari pesawat penempur-pembom Sukhoi Su-7.
Sukhoi Su-20 adalah nama untuk Sukhoi Su-17 yang digunakan dan diekspor ke angkatan udara Timur Tengah dan negara Komunis.
Sukhoi Su-22 adalah nama untuk Sukhoi Su-17 yang digunakan dan diekspor ke angkatan udara Timur Tengah dan negara Komunis.
Sukhoi Su-24 adalah sebuah pesawat penyerang segala cuaca supersonik Uni Soviet yang paling maju pada tahun 1970-1980an.
Sukhoi Su-25 adalah pesawat tempur dengan tempat duduk tunggal, bermesin ganda dengan pendorong jet.
Sukhoi Su-26 adalah pesawat aerobatik berpenumpang tunggal, didukung oleh mesin reciprocating tunggal radial.

Sukhoi SU-27 adalah pesawat tempur yang direncanakan untuk menjadi saingan utama generasi baru pesawat tempur Amerika Serikat.
Sukhoi Su-28 adalah varian downgrade Su-25UB/Su-25T dengan penurunan avionik dan sistem pesawat, serta kemampuan senjata pembawa.
Sukhoi Su-29 adalah pesawat aerobatik sport dua tempat duduk dengan mesin radial 268 kW dirancang berdasarkan pesawat Su-26.
Sukhoi Su-30 adalah pesawat tempur yang dikembangkan oleh Sukhoi Rusia pada tahun 1996.
Sukhoi Su-31 adalah pesawat aerobatik bermesin tunggal yang dirancang lebih ringan dan lebih kuat dari Sukhoi Su-29.
Sukhoi Su-33 adalah pesawat tempur angkatan laut yang dikembangkan pada tahun 1982 untuk dipakai di atas kapal induk.
Sukhoi Su-34 adalah sebuah pesawat tempur serang berkursi ganda mutakhir yang dikembangkan dari Su-27 penggantikan Su-24.
Sukhoi Su-35 adalah pesawat tempur multiperan, kelas berat, berjelajah panjang, kursi tunggal dikembangkan dari Su-27.
Sukhoi Su-37 adalah pesawat tempur multiperan, prototipe pesawat buru sergap dan serang yang dikembangkan dari Su-27.
Sukhoi Su-38 adalah pesawat pertanian yang dirancang dan desain awalnya dimulai tahun 1993 sebagai pengembangan dari Su-29.

Sukhoi Su-47 merupakan pesawat tempur supersonik yang dikembangkan oleh Sukhoi. Fitur pembeda pesawat ini adalah sayap penyapu depan, serupa dengan LL-3 milik Tsybin, yang memberikan pesawat ini kelincahan yang menakjubkan.
Sukhoi Su-80 (sebelumnya dikenal sebagai Sukhoi S-80) adalah pesawat angkut STOL sayap tinggi (high wing) Rusia bermesin turboprop kembar, twin-boom.
Sukhoi Superjet 100 merupakan sebuah pesawat penumpang sipil (airliner) yang dibuat dan dikembangkan oleh Sukhoi. Pesawat ini merupakan salah satu pesawat terbaru di Rusia dan merupakan pesawat penumpang Rusia pertama yang dikembangkan pasca bubarnya Uni Soviet. Sukhoi Superjet 100 pertama kali mengudara pada 2011. Di Indonesia, pesawat ini telah dipesan Kartika Airlines sebanyak 15 unit, dan Sky Aviation, juga sebanyak 15 unit.