Deskripsi Cruz Azul - Tim Sepak Bola Meksiko

Deskripsi Cruz Azul - Tim Sepak Bola MeksikoClub Deportivo Cruz Azul adalah tim sepak bola Meksiko dengan pelatih Benjamin Galindo. Markasnya di Stadion Azul. Tim ini didirikan tahun 1927. Berasal dari Hidalgo di kota Jasso (sekarang bagian dari "koperasi kota" Ciudad Cooperativa Cruz Azul), di selatan Tula de Allende , klub pindah ke Mexico City pada tahun 1971. Estadio Azteca , tempat olahraga terbesar di negara itu, berfungsi sebagai tempat mereka rumah tempat sampai tahun 1996, ketika mereka pindah ke Estadio Azul . Namun, setelah 22 tahun, tim kembali ke Azteca pada akhir musim MX Liga 2017-18 . Kantor pusatnya berada di La Noria, pinggiran kota di dalam Xochimilco di bagian selatan Mexico City.

Cruz Azul telah menjadi juara Primera División delapan kali, membuntuti Toluca 10, CD Guadalajara 12 dan Club América 13. Enam judul Cruz Azul menjadikannya klub paling sukses kedua dalam sejarah Liga Champions CONCACAF , yang kompetisi klub internasional paling bergengsi di sepak bola Amerika Utara, mengikuti rival Mexico City, Club America. Cruz Azul juga tim CONCACAF pertama yang mencapai final Copa Libertadores , kompetisi klub paling bergengsi di sepak bola Amerika Selatan (yang mengundang klub-klub Liga MX terbaik dari 1998 hingga 2017), kalah dari penalti ke raksasa sepak bola Argentina Boca Juniors pada 2001.

Pada musim 1968-1969, Cruz Azul menjadi klub CONCACAF pertama (dan klub dunia ketiga) yang menyelesaikan Continental Treble yang langka, memenangkan kejuaraan Divisi Primera Meksiko, turnamen nasional Copa México , dan Liga Champions CONCACAF. Federasi Internasional Sejarah & Statistik Sepak Bola , dalam Club World Ranking-nya untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2014, menempatkan Cruz Azul sebagai klub terbaik ke-99 di dunia dan klub terbaik ke-3 di CONCACAF. Menurut beberapa jajak pendapat yang diterbitkan, Cruz Azul adalah tim paling populer ketiga di Meksiko, hanya di belakang CD Guadalajara dan Club América.