Mr Crack - Superhero Kebanggaan Indonesia

Mr Crack - Superhero Kebanggaan Indonesia
Sumber Gambar : GODZILLARGE
Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng (lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 – meninggal di Jakarta, 11 September 2019 pada umur 83 tahun adalah Presiden Republik Indonesia yang ketiga. Dari sekian banyak presiden Indonesia, B. J. Habibie merupakan satu-satunya Presiden yang berasal dari etnis Gorontalo, Sulawesi dari garis keturunan Ayahnya yang berasal dari Kabila, Gorontalo dan etnis Jawa dari ibunya yang berasal dari Yogyakarta. Saat ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah menginisiasi dibangunnya Monumen B.J. Habibie di depan pintu gerbang utama Bandar Udara Djalaluddin, di Kabupaten Gorontalo. Selain itu, masyarakat Provinsi Gorontalo pun sempat mengusulkan nama B.J. Habibie digunakan sebagai nama universitas negeri setempat, menggantikan nama Universitas Negeri Gorontalo yang masih digunakan.

Kisah dari julukan tersebut berawal ketika di tahun 1960an sering terjadi sebuah kecelakaan pesawat yang setelah diteliti. Ternyata hal tersebut terjadi karena kerusakan kontruksi pesawat yang belum bisa terdeteksi, dari sinilah kiprah dan karir BJ Habibie mulai terlihat. BJ Habibie mampu memecahkan permasalahan tersebut dengan menemukan teori dan menghitung rambatan titik kerusakan yang terjadi pada logam. Karena menurutnya sebuah logam tentu juga memiliki titik kelelahan sama seperti manusia. Dan titik yang paling rawan terkena kerusakan tersebut adalah pada sambungan antara badan dan juga sayap pesawat. Atau bisa juga terjadi di antara sayap pesawat dan dudukan mesin pesawat.

Saat kerusakan terjadi maka akan ada keretakan logam yang sering juga disebut dengan Crack. Dan pada saat itu belum ada satupun alat yang mampu mendeteksi adanya Crack tersebut. Dan hebatnya BJ Habibie mampu menemukan perhitungan mengenai hal tersebut dengan rinci dan hingga pada perhitungan atom logamnya. Sangat hebat bukan? Dengan adanya perhitungan yang ditemukan oleh BJ Habibie tersebut kini dunia penerbangan sudah bisa menghitung dengan rinci adanya Crack yang mungkin akan menyebabkan bahaya pada pesawat. Sehingga dengan adanya perhitungan tersebut kini pesawat-pesawat bisa terbang dengan lebih aman. Nah sejak saat itulah ia dijuluki dengan julukan Mr. Crack. Demikian prestasi BJ Habibie yang sangat dipandang di mata dunia karena ialah satu-satunya orang yang mampu menemukan teori Crack tersebut.