Daftar Tim Lolos Babak 8 Besar ISL

Awal Oktober, Babak 8 Besar ISL Digelar Indonesia Super League - Pertandingan babak delapan besar kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013/2014 kemungkinan akan digelar awal Oktober atau setelah pelaksanaan Asian Games 2014 di Icheon, Korea Selatan.

"Untuk proses lebih lanjut akan ada pertemuan dengan delapan tim yang lolos. Sesuai dengan rencana, pertemuan akan dilakukan 8 September," kata CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Menurut dia, waktu pelaksanaan pertandingan babak delapan besar itu selain disesuaikan dengan pelaksanaan Asian Games juga disesuaikan dengan Piala AFF 2014 serta pelaksanaan Piala AFC di mana salah satu tim asal Indonesia yaitu Persipura Jayapura berhasil menembus semifinal.

Adapun format pertandingan, kata dia, hingga saat ini belum ada perubahan. Pertandingan babak delapan besar yang mempertemukan empat wakil Grup Barat dan empat dari Grup Timur ini menggunakan format kandang dan tandang.

"Untuk babak semifinal dan final, formatnya menggunakan home tournament. Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta menjadi opsi paling memungkinkan untuk menggelarnya," tambah Joko.

Pria yang juga Sekjen PSSI itu menjelaskan, jika dilihat dari rencana pelaksanaan delapan besar pada Oktober, kemungkinan besar juara kompetisi tertinggi di Tanah Air itu akan bisa didapat maksimal 8 November atau 12 sebelum pertandingan Piala AFF 2014 di Vietnam dan Singapura.

"Tanggal 8 November adalah waktu paling lambat dalam merampungkan ISL musim ini. Kami ingin pelaksanaan ISL dan Piala AFF 2014 sukses," kata pria asal Ngawi, Jawa Timur itu.

Saat ini kompetisi ISL dalam masa krusial karena baru ada enam tim yang dinyatakan lolos ke babak delapan besar yaitu Arema Cronus Indonesia, Persib Bandung, Semen Padang, Persebaya Surabaya, Persipura dan Mitra Kukar.

Ada dua slot lagi yang diperebutkan. Untuk Grup Barat akan ditentukan pada pertandingan terakhir 5 September nanti yaitu antara Persija Jakarta (31 poin) dan Pelita Bandung Raya (32 poin). Jika keduanya menang dipertandingan terakhir, maka tim asal Bandung itu otomatis lolos ke delapan besar.

Untuk Grup Timur persaingan jauh lebih ketat. Sedikitnya ada tiga tim yang bersaing untuk masuk babak delapan besar yaitu Persela Lamongan, PSM Makassar (25 poin) dan Persiba Balikpapan (25 poin). Siapa yang lolos ke delapan besar akan dihentikan pada 5 September.

Sumber: Antara