Gedung Pencakar Langit Paling Keren di Dunia

Bangunan tinggi di suatu wilayah menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi para pengunjung suatu negara. Berikut ini 6 gedung pencakar langit paling keren di dunia, jika dilihat dari segi arsitekturnya atau tingginya yang membuat leher Anda pegal saat melihatnya.

1. Bitexco Financial Tower, Ho Chi Minh, Vietnam

Bitexco Financial Tower di Ho Chi Minh. Rancangan gedungnya seperti bunga teratai, bunga nasional di Vietnam. Ini adalah salah satu gedung pencakar langit keren di kawasan Asia Tenggara

Bitexco Financial Tower memiliki ketinggian 262 meter. Di lantai 52 gedung ini terdapat heliped yang menjorok keluar sejauh 22 meter. Hal itulah yang membuatnya terlihat seperti teratai.

Para pengunjung dapat melihat Kota Ho Chi Minh dengan pemandangan 360 derajat dengan masuk ke dalam area Saigon Skydeck yang Berada di lantai 47.

Gedung ini selesai dibangun pada bulan Oktober 2010, dengan menelan biaya sebesar USD 220 juta atau sekitar Rp 2,6 triliun.

2. Kingdom Centre, Riyadh, Arab Saudi

Kingdom Centre, Riyadh, Arab Saudi dibangun tahun 2002, memiliki tinggi 302 meter. Biaya pembuatannya mencapai USD 1 miliar atau sekitar Rp 12 triliun. Kingdom Centre di Riyadh adalah gedung pencakar langit yang terkenal di Arab Saudi.

Sepertinya Kingdom Centre sengaja dibangun khusus untuk wanita, karena disana terdapat pusat perbelanjaan, bank, dan masjid yang hanya boleh didatangi oleh para wanita.

Masjid di dalamnya menjadi masjid tertinggi di dunia karena berada di lantai 77. Tak hanya itu, turis juga bisa melihat dengan jelas Kota riyadh dari ketingian di dek onbervasi di bagian puncaknya.

3. Torre Agbar, Barcelona, Spanyol

Kota Barcelona yang memiliki klub sepakbola tersohor, ternyata juga mempunyai gedung pencakar langit yang keren. Gedung itu bernama Torre Agbar.

Gedung dengan ketinggian 142 meter ini berada di pusat kota. Bentuknya lonjong ke atas dan bentuknya mirip silinder. Torre Agbar memiliki dua lapisan silinder yaitu lapisan aluminium dan kaca tembus pandang dengan 40 warna yang berbeda.

Saat malam, gedung pencakar langit ini terlihat sangat cantik. Dengan totoal 4.500 warna kuning, biru, dan pink dari cahaya lampunya, Torre Agbar mampu membuat turis jatuh cinta saat melihatnya.

Biaya pembuatan Torre Agbar menghabiskan biaya USD 130 atau sekitar Rp 1,5 triliun!

4. China Central Television, Beijing, China

Gedung tinggi yang bernama China Central Television Headquarters ini terletak di Beijing cina dan termasuk gedung pencakar langit keren. Salah satu prestasi dari gedung ini adalah, pernah mendapatkan gelar pada 'Cityscape World Architecture Congress' di Dubai.

Gedung ini memiliki tinggi 234 meter, bentuk bangunannya yang seperti huruf L membuat bangunan ini sangat unik. Kalau diperhatikan, bentuknya mirip segitiga tak sempurna. Selain itu China Central Television Headquarters memiliki enam bagian horizontal dan vertikal.

Pandangan berbeda justru ditunjukan oleh beberapa supir taxi di Beijing, mereka menganggap gedung pencakar langit ini seperti celana boxer raksasa.

China Central Television Headquarters yang selsesai dibangun tahun 2012 ini menghabiskan USD 600 juta atau sekitar Rp 7,2 triliun untuk Biaya pembangunannya.

5. Commerzbank, Frankfurt, Jerman

Commerzbank di Kota Frankfurt, Jerman punya daya tarik tersendiri, salah satunya adalah sebagai gedung pencakar langit yang ramah lingkungan pertama di dunia atau disebut gedung ekologi. Sebabnya, gedung ini memanfaatkan sistem pencahayaan alam dan ventilasi yang membuatnya mengurangi pemakian energi sejak tahun 1997.

Gedung pencakar langit ini menghabiskan biaya USD 414 atau sekitar Rp 5 triliun untuk pembangunannya. Dengan tinggi 300 meter , gedung ini selesai dibangun tahun 1997.

Sebelumnya Commerzbank sempat menjadi gedung pencakar langit di dunia yang tertinggi di Eropa, namun akhirnya peringkat tersebut menurun setelah dikalahkan oleh London The Shard tahun 2012.

6. Elephant Tower, Bangkok, Thailand

Gajah merupakan hewan yang dihormati di Thailand. Elephant Tower pun jadi kebanggaan masyarakat Bangkok. Gedung pencakar langit ini dibangun tahun 1997 dengan ketinggian 102 meter.

Di Elephant Tower terdapat kawasan perkantoran, pusat perbelanjaan, dan perumahan mewah. Kalau dilihat dari dekat, bentuknya memang menyerupai gajah.

TernyataTak hanya wisata kuliner atau kuil saja yang terkenal dari Bangkok di Thailand, di sana juga ada gedung pencakar langit yang keren. Bangunan tinggi nan keren seperti Elephant Tower alias gedung berbentuk gajah pun berdiri megah.