AirlineRatings - Maskapai Murah Teraman Dunia

Operasional maskapai penerbangan berbiaya murah (Low Cost Carrier/LCC) tengah menjadi sorotan. Insiden yang menimpa AirAsia QZ8501 memancing pertanyaan seputar standar keselamatan maskapai ini.

Di tengah awan kelam industri maskapai murah, situs pemeringkat keselamatan maskapai penerangan, AirlineRatings, mengeluarkan daftar maskapai penerbangan dengan rekor keselamatan terbaik. Selain maskapai kelas atas, situs ini juga memeringkat maskapai kelas murah.

Mengutip laporan AirlineRating.com, Rabu, 7 Januari 2015, terdapat 10 maskapai penerbangan murah dengan tingkat keselamatan terbaik di duni. Sebagian besar nama maskapai ini mungkin terdengar awam bagi publik pengguna angkutan penerbangan di Tanah Air.

Kesepuluh maskapai penerbangan murah terbaik untuk urusan keselatam tersebut adalah Aer Lingus, Alaska Airlines, Icelandair, Jetblue, Jetstar. Lima maskapai lainnya adalah Kulula.com, Monarch Airlines, Thomas Cook, TUI Fly dan Westjet.

AirlineRatings dalam pernyataannya menjelaskan, pemeringkatan tingkat keselamatan maskapai ini didasarkan dari hasil audit organisasi penerbangan dunia seperti FAA dan ICAO.

Khusus untuk 10 maskapai LCC terbaik ini, AirlineRatings mengklaim seluruh maskapai telah melalui proses audit ketat dari International Air Transport Association Operational Safety Audit (IOSA).

Rekam jejak keselamatan setiap maskapai juga terbukti memiliki catatan baik. Tim penilai juga meneliti setiap sejarah operasional maskapai, catatan kecelakaan, dan kesempurnaan prosedur operasional.

Diakui AirlineRating, tahun 2014 merupakan tahun kelam bagi keselamatan maskapai. Sejumlah insiden tragis dan ganjil dalam sejarah penerbangan modern terjadi. Nahasnya, insiden ini menimbulkan korban meninggal yang cukup besar. (Dream)