Tizen Sistem Operasi Berbasis pada Kernel Linux

Tizen Sistem Operasi Berbasis pada Kernel LinuxTizen adalah sistem operasi berbasis pada kernel Linux dan C Library GNU menerapkan API Linux . Ia bekerja pada berbagai macam perangkat, termasuk smartphone , tablet , di dalam kendaraan infotainment perangkat (IVI), smart TV , PC , kamera pintar , komputasi dpt dipakai (seperti smartwatches ), pemutar Blu-ray , printer dan peralatan rumah pintar (seperti lemari es , pencahayaan , mesin cuci , AC , oven / microwave dan vacuum cleaner robot ). Tujuannya adalah untuk menawarkan pengalaman pengguna yang konsisten di seluruh perangkat. Tizen merupakan proyek dalam Linux Foundation dan diatur oleh Pengarah Teknis Group (TSG).

Tizen Association dibentuk untuk memandu peran industri Tizen, termasuk pengumpulan persyaratan, mengidentifikasi dan memfasilitasi model layanan, dan pemasaran industri secara keseluruhan dan pendidikan. Anggota Asosiasi Tizen merupakan sektor utama dari industri mobilitas, dari berbagai daerah di dunia. Anggota saat ini mencakup telekomunikasi operator jaringan dan produsen elektronik: Fujitsu , Huawei , Intel , KT , NEC Casio , NTT DoCoMo , Jeruk , Panasonic , Samsung , SK Telecom , Sprint dan Vodafone . Sementara Asosiasi Tizen memutuskan apa yang perlu dilakukan di Tizen, Technical Steering Group menentukan apa kode sebenarnya dimasukkan ke dalam sistem operasi untuk mencapai tujuan tersebut. Akar Tizen kembali ke Samsung Linux Platform (SLP) dan LiMo Proyek dan pada tahun 2013 Samsung bergabung homegrown nya Bada proyek menjadi Tizen.

Minggu pertama Oktober 2013, kamera pintar NX300M Samsung menjadi yang pertama produk konsumen berdasarkan Tizen; itu dijual di Korea Selatan selama satu bulan sebelum OS yang terungkap di Tizen Developer Summit, kemudian menjadi tersedia untuk pre-order di Amerika Serikat pada awal 2014 dengan tanggal rilis 1 Maret . tablet Tizen pertama diumumkan oleh Systena pada bulan Juni 2013, 10-inch ARM quad-core dengan 1920 × 1200 resolusi yang akhirnya dikirim pada akhir Oktober 2013 sebagai bagian dari kit pengembangan eksklusif untuk Jepang. The Samsung gear 2 smartwatch, dirilis pada bulan April 2014, menggunakan Tizen. Samsung merilis berbasis Tizen Samsung Z1 smartphone ke India pasar pada bulan Januari 2015. Hal ini diikuti oleh Samsung Z3 pada bulan Oktober.