Club Penguin - Video Game Disney Interactive

Club Penguin - Video Game Disney InteractiveClub Penguin adalah permainan daring multipemain masif (bahasa Inggris: massively multiplayer online game (MMO)) yang melibatkan dunia maya, mengandung berbagai permainan daring dan kegiatan, yang diciptakan oleh New Horizon Interactive. Pemain menggunakan avatar kartun penguin dan bermain dalam set dunia maya yang sedang musim dingin. Setelah dilakukan pengujian perangkat lunak, Club Penguin dibuat tersedia untuk masyarakat umum pada 24 Oktober 2005 dan sejak itu berkembang menjadi sebuah komunitas daring yang tumbuh besar hingga akhir tahun 2007, dan ada klaim bahwa Club Penguin memiliki lebih dari 30 juta akun pengguna.

Sementara keanggotaan gratis tersedia, pendapatan terutama ditingkatkan melalui keanggotaan berbayar yang memungkinkan pemain untuk mengakses berbagai fitur tambahan, seperti kemampuan untuk membeli pakaian virtual, furnitur, dan hewan peliharaan yang disebut "puffles" untuk penguin mereka melalui penggunaan mata uang dalam permainan ini. Keberhasilan Club Penguin menyebabkan New Horizon dibeli oleh The Walt Disney Company pada bulan Agustus 2007 seharga 350 juta dolar, dengan tambahan 350 juta dolar bonus dengan target spesifik harus dipenuhi pada tahun 2009.

Permainan ini dirancang khusus untuk anak usia 6-14, bagaimanapun, orang dari segala usia diperbolehkan untuk bermain Club Penguin. Namun fokus utama dari pengembang adalah keselamatan anak, dengan sejumlah fitur diperkenalkan ke permainan untuk memfasilitasi ini - termasuk menawarkan mode "Ultimate Safe Chat", dimana komentar pengguna mereka dipilih dari menu, penyaringan yang mencegah sumpah serapah dan informasi pribadi, dan moderator (bersama dengan pemain veteran) berpatroli di permainan. Permainan ini telah dikritik karena mengajarkan konsumerisme dan memungkinkan pemain untuk "cheat".