Tahun Baru Imlek atau Lunar New Year

Tahun Baru Imlek atau Lunar New YearTahun Baru Imlek atau Lunar New Year merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh 十五冥 元宵节 di tanggal kelima belas. Dalam kebudayaan masyarakat China dan Asia, angpau (Hanzi: 紅包, pinyin: hóngbāo) adalah bingkisan dalam amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek atau perayaan lainnya. Dialek Hokkien menyebutnya angbao, Min Nan sebagai angpau, Kantonis sebagai lai see (利市/利是), Vietnam sebagai lì xì, dan Korea sebagai sae bae don (세뱃돈/歲拜돈).

Barongsai adalah tarian tradisional Cina dengan menggunakan sarung yang menyerupai singa. Barongsai memiliki sejarah ribuan tahun. Catatan pertama tentang tarian ini bisa ditelusuri pada masa Dinasti Chin sekitar abad ke tiga sebelum masehi. Kesenian Barongsai mulai populer pada zaman dinasti Selatan-Utara (Nan Bei) tahun 420-589 Masehi. Kala itu pasukan dari raja Song Wen Di kewalahan menghadapi serangan pasukan gajah raja Fan Yang dari negeri Lin Yi. Seorang panglima perang bernama Zhong Que membuat tiruan boneka singa untuk mengusir pasukan raja Fan itu. Ternyata upaya itu sukses hingga akhirnya tarian barongsai melegenda hingga sekarang.

Tahun Baru Imlek atau Lunar New YearGong Xi Fa Chai di Tahun Baru Cina 2017 - Gong Xi Fa Chai ini adalah kalimat yang berarti “Selamat Sejahtera”. Gong Xi itu sendiri memiliki makna Selamat, karena penduduk Cina pada zaman dahulu itu sudah selamat dari adanya binatang buas. Yang selanjutnya, kata Fa Chai mempunyai suatu sejarah singkat dari sebuah kerajaan di zaman dahulu, yang dengan seiring berjalannya waktu, kerajaan tersebut kian membaik di tengah masyarakat Cina. Saat mereka merayakan tahun baru Imlek ini, biasanya, dari mereka akan mengucapkan dengan kata-kata, Xin Nian Kuai Le.

Untuk ungkapan Gong Xi Fa Chai ini biasa diungkapkan oleh orang yang dewasa, bahkan juga anak-anak yang berkunjung. Kalimat ini sendiri bisa dikatakan sudah tak asing lagi jika diucapkan saat sedang berkunjung untuk bisa saling berbagi suka cita dalam merayakan Tahun Baru Imlek bagi masyarakat kalangan Cina tersebut. Sementara itu, jika di kalangan anak-anak, biasanya memberikan imbuhan Han Bao Na Lai setelah ucapan Gong Xi Fa Chai, yang berarti Angpao kesini dong! Sudah bukan menjadi hal yang asing lagi di mata mereka. Jadi, bukan Gong Xi Fa Chai untuk mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek, melainkan Xin Nian Kuai Le untuk bisa merayakan Tahun Baru Imlek tersebut dengan bahagia.