Pesawat Antonov dan Suara Aneh Tadi Malam

Pesawat Antonov dan Suara Aneh Tadi MalamPesawat Antonov An-225 yang berada di pangkalan udara era Uni Soviet di pinggiran Kota Kiev, Ukraina dirancang dan diproduksi pada era 1980-an meraih predikat sebagai pesawat terbesar yang pernah mengangkasa di dunia. Pesawat Antonov An-225 berusia 30 tahun dan baru-baru ini melalui proses peremajaan agar bisa tahan digunakan 20 tahun mendatang. Pesawat tersebut jarang mengudara lagi dan berada di pangkalan udara Gostomel.

Antonov, atau Antonov Aeronautical Scientist/Technical Complex (Antonov ASTC) (bahasa Ukraina: Авіаційний науково-технічний комплекс імені Антонова, АНТК ім. Антонова), sebelumnya Antonov Design Bureau, adalah sebuah manufaktur pesawat berbasis di Ukraina(sejak 1952) dan perusahaan jasa dengan keahlian khusus di bidang konstruksi pesawat terbang yang sangat besar. Antonov ASTC adalah perusahaan komersial milik negara.

TNI AU menyebut suara misterius yang meraung-raung dan didengar warga Pekalongan hingga Kabupaten Semarang bukan pesawat Antonov An-12BP. Menurut TNI AU, pesawat tersebut tidak mungkin mengeluarkan suara seperti yang didengar warga jika berada di ketinggian 22.000 kaki. BMKG sendiri menyatakan tak ada fenomena alam dengan suara seperti itu yang terjadi pada Jumat dini hari, Jumat (14/12/2018) suara meraung-raung terdengar sekitar pukul 01.00 WIB.

Sememtara itu, Wilayah Kabupaten Wonosobo kembali diguncang gempabumi tektonik, Jumat (14/12) pukul 20:14:50 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempabumi berkekuatan 2,8 magnitudo terjadi dengan koordinat episenter pada 7.35 LS dan 109.79 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13 kilometer arah Barat Laut Kabupaten Wonosobo, atau 11 kilometer Selatan Dieng Jawa Tengah pada kedalaman 9 km. Guncangan gempa ini bahkan sampai dirasakan oleh sebagian warga di wilayah kecamatan Wanayasa Banjarnegara (I SIG atau I – II MMI).