Indonesia Travel & Tourism - Industri Pariwisata Terbaik

Untuk meningkatkan kualitas industri pariwisata di dalam negeri, Indonesia Travel and Tourism Award (ITTA) memberikan penganugrahan kepada 41 merek dari berbagai kategori di sektor pariwisata.

Pemberian penghargaan yang dilaksanakan pada Senin malam (16/12/2013) di Ballroom Ritz Carlton Jakarta itu merupakan kali keempat yang telah diselenggarakan ITTA Foundation. Sebanyak 125 merek dari industri pariwisata bersaing menjadi yang terbaik dalam acara ini.

Penghargaan diberikan mulai dari leading airport hotel, leading city hotel, leading luxury hotel, leading beach resort, leading island romantic resort, leading romantic villa, leading cruise operator, leading online travel agent, leading outbound travel agent, hingga leading water sport company.

Panca Sarungu, President ITTA Foundation, mengatakan peningkatan kualitas industri pariwisata sangat penting untuk mendongkrak pertumbuhan jumlah wisatawan di Indonesia. Pasalnya, sektor travel dan pariwisata merupakan salah satu penyumbang devisa terbesat di Indonesia yakni sebesar Rp10 miliar.

"Pariwisata ini penyumbang devisa terbesar kedua setelah sektor pertambangan dan energi pada 2013, karenanya pelaku industry perlu menjaga kualitas dan membuktikan diri sebagai brand ternama dan terbaik dalam melayani pelanggannya," ucapnya Senin malam (16/12/2013).

Untuk menjaga independensi, proses penjurian dilakukan dalam 4 tahap. Mulai dari penelitian terhadap brand tersebut untuk kemudian dimasukan dalam salah satu kategori. Kedua, pemungutan suara secara online yang diikuti oleh 25.000 suara (25%). Ketiga berdasarkan pemungutan suara dari Dewan Penasehat Independen yang terdiri dari para ahli ternama dan tokoh bisnis (50%) dan keempat, berdasarkan penilaian Bisnus School (25%).

Indira Abidin, salah seorang anggota dewan juri, mengatakan para nominator tersebut merupakan beberapa pelaku yang sudah lama di dunia pariwisata. Masing-masing kategori terdiri dari tiga peserta yang kemudian dipilih yang terbaik. "Karena itu, proses pemilihan ini merupakan tantangan tersendiri bagi para juri untuk memilih yang terbaik dari semua pelaku industri travel dan pariwisata ternama se-Indonesia," ucapnya

Hotel adalah sarana paling penting saat traveling. Lebih dari sekedar tempat bermalam, kini banyak hotel yang punya fasilitas dan pelayanan wahid. Inilah hotel-hotel terbaik se-Indonesia tahun 2013. Setidaknya, ada 14 kategori untuk hotel dari 41 kategori industri pariwisata terbaik dalam ajang Indonesia Travel & Tourism 2013/2014 (ITTA) di Ball Room, Hotel Ritz Carlton, Jl Mega Kuningan, Jakarta, Senin (16/12/2013) malam. Kategori tersebut mulai dari hotel bandara terbaik hingga hotel paling mewah.

Berikut 14 kategori hotel terbaik dalam ITTA 2013/2014:

1. Indonesia Leading Airport Hotel: Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa
2. Indonesia Leading Boutique Hotel: Bali Niksoma Boutique Beach Resort
3. Indonesia Leading Business Hotel: Hotel Borobudur Jakarta
4. Indonesia Leading City Hotel: The Magani Hotel & Spa
5. Indonesia Leading City Hotel-Jakarta: The Sultan Hotel & Residence Jakarta
6. Indonesia Leading Lifestyle Hotel: Artotel Indonesia
7. Indonesia Leading Global Hotel Chain: Swiss-Belhotel International
8. Indonesia Leading Green Hotel: Melia Bali
9. Indonesia Leading Island Resort-Bali: Nusa Dua Beach Hotel & Spa
10. Indonesia Leading Local Hotel Chain: Whiz Hotels by Intiwhiz
11. Indonesia Leading Luxury Hotel: The Ritz Carlton Jakarta, Mega Kuningan
12. Indonesia Leading MICE Hotel/Venue The Papandayan, Bandung
13. Indonesia Hotel of The Year: The Ritz Carlton Jakarta, Mega Kuningan
14. Indonesia Leading Romantic Hotel: L Hotel Seminyak

Mungkin, salah satu dari 14 kategori hotel berikut ini pernah jadi tempat bermalam Anda atau tempat menginap selanjutnya. Di sisi lain,penghargaan dari IITA yang merupakan ajang tahunan untuk industri wisata ini bisa jadi referensi Anda, baik untuk tempat menginap saat traveling atau urusan bisnis

Bandara hotel terbaik, diraih oleh Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa yang mengungguli Harris Hotel Tuban di Bali dan Sheraton Bandara Hotel di Jakarta. Di kategori Green Hotel, ada Melia Bali yang jadi terbaik.

Untuk traveler yang berpergian untuk berbisnis, Hotel Borobudur Jakarta jadi yang terbaik di kategori Business Hotel. Kalau soal romantis, L Hotel Seminyak di Bali jadi yang nomor satu di kategori Romantic Hotel.