Daftar Masalah Kode Status Error Web Server

Daftar Status Error Web Server (403, 404, 500, 503, 504) Apa Cara Memperbaiki & Solusi? - Web server (hosting), dimanapun letaknya entah itu web hosting di Indonesia, USA, UK, Singapore yang mahal maupun yang murah, di kelola oleh perusahaan besar, kecil maupun perorangan pasti suatu waktu akan mengalami yang namanya ERROR. Dan mengenai error ini penyebabnya cuma dua: pertama kerusakan pada script/CMS yang kita gunakan dan kedua ada gangguan pada web server hosting yang kita beli. Bila anda mengalami hal ini hal pertama yang harus anda lakukan adalah “JANGAN PANIK” dan baca beberapa status pesan error yang lebih banyak dan sering muncul pada web browser anda.

Hal yang paling sering terjadi bila error akibat dari kerusakan/kesalahan didalam script biasanya adalah: pesan error 404 dan 500. Pesan error ini berlaku kepada semua pengguna CMS seperti WordPress, Drupal. Joomla!, Prestashop dsb

Penyebab Error 403

403 pada dasarnya bukan Error murni tapi berupa “FORBIDDEN” yang berhubungan dengan pembatasan hak akses. Bila terjadi masalah ini itu bisa berarti anda tidak memiliki authority untuk mengakses halaman/url tersebut.

Penyebab Error 404

Bila muncul 404 tanda error itu berarti halaman yang anda tuju sudah tidak eksis, telah di hapus atau bisa juga dirubah url nya. Error 404 sangat erat kaitannya dengan SEO oleh karena itu kita harus terus memeriksa website agar tahu bila terjadi broken link yang menyebabkan error 404 bisa terjadi.

Penyebab Error 500

Kode tanda error 500 akan terjadi pada web site anda bila ada kesalahan pada konfigurasi .htaccess dan mod_rewrite. Penyebabnya adalah karena Apache server tidak dapat memenuhi permintaan/query yang diperintahkan user saat mengeksekusi sebuah perintah.

Mengetahui Apa Penyebab Error 503 dan Solusinya

Error 503 menandakan url yang anda tuju sedang tidak eksis yang disebabkan oleh web server yang sedang down, overload, maintenance dst.

Error 503 ini juga sangat erat kaitannya dengan SEO. Anda harus kritis terhadap web hosting bila website anda sering mengalami 503. Bila dalam sehari terjadi down 1 hingga 2 jam secara rutin berarti website anda down selama 30 – 60 jam dalam sebulan dan ini sangat berbahaya sekali karena Google akan menganggap website “bad”. Ingat! kecepatan web hosting menempati urutan pertama dari 200 item sistem perangkingan Google.

Solusi bila menghadapi ini adalah dengan memindahlan website anda kedalam web hosting yang lebih baik dan salah satu penyedia layanan web hosting terbaik di Indonesia dengan fitus unlimited bisa anda baca artikel saya yang berjudul: web hosting Indonesia unlimited

Website Muncul Error 504? Ini Penyebabnya

Untuk error 504 secara umum sama persis masalahnya dengan error kode 503 yakni buruknya performa web server yang anda gunakan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk segera pindahkan website anda menggunakan web hosting yang baik dan profesional.