Bumbu Jagung Bakar | Bumbu Ayam dan Ikan Bakar

Bumbu Jagung Bakar | Bumbu Ayam Bakar | Bumbu Ikan BakarMerayakan Tahun Baru bersama keluarga atau teman-teman tentu kurang lengkap rasanya jika tak ada makanan. Paling seru kalau menyiapkan berbagai menu bebakaran yang memang identik dengan Tahun Baru. Beberapa resep bebakaran yang enak, dari ayam bakar, bakso bakar, ikan bakar, sampai jagung bakar. Ayam bakar adalah sebuah hidangan Asia Tenggara Maritim, terutama hidangan Indonesia atau Malaysia, dari ayam yang dipanggang di atas arang. Bakso bakar adalah sebuah jenis hidangan bakso yang dibuat dengan cara dibakar dan kemudian ditusuk memakai tusuk sate sebelum akhirnya diberi bumbu. Hidangan tersebut berasal dari kota Malang.

Ikan bakar adalah hidangan ikan yang dibakar atau dipanggang di atas api atau bara api. Hidangan ikan yang dibakar, muncul secara universal di berbagai belahan dunia. Akan tetapi secara khusus di dunia internasional, istilah "ikan bakar" merujuk kepada ikan bakar khas Indonesia dan Malaysia berupa ikan atau boga bahari lain yang dipanggang di atas arang atau bara api. Ikan bakar adalah salah satu hidangan klasik Indonesia.

Sebagai negara kepulauan, ikan bakar sangat populer di Indonesia dan dapat ditemui di berbagai tempat, mulai dari kedai di tepi pantai Aceh, restoran di tepi pantai Kupang, sampai ke pusat kota Jakarta. Berbagai resep ikan bakar spesifik muncul, seperti ikan bakar Cianjur khas Sunda, yang umumnya menggunakan ikan air tawar seperti ikan mas dan gurami, serta ikan bakar Jimbaran khas Bali, yang disajikan di beberapa warung di sekitar pantai dan pasar ikan di Jimbaran, Bali. 

Ikan bakar laut, secara khusus populer di kawasan Indonesia Timur; seperti Sulawesi dan Maluku di mana kebanyakan penduduknya bekerja sebagai nelayan, dan kawasan ini memiliki laut yang luas yang menghasilkan banyak jenis boga bahari. Biasanya, ikan direndam bumbu dengan campuran bumbu halus, kadang dengan campuran terasi atau kecap manis dan kemudian dipanggang; terkadang alat pemanggang dilapisi daun pisang agar ikan tidak rusak dan hancur ketika dibalik akibat ikan lengket dan melekat di alat pemanggang.